PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA KOMIK TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII DI SMPN 2 LINGSAR

LAELATUL, FAJRI (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA KOMIK TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII DI SMPN 2 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis komik terhadap hasil belajar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis Nonequivalent Control. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII (6) dan VIII (8) dengan tehnik Purposive Sampling. Instrument yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Uji Persyaratan analisis yang digunakan untuk uji normalitas yaitu Uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji varians. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji sign tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa P = 0.05 > harga P(2) = 0.0002, maka Ho ditolak , artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis komik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII SMPN 2 Lingsar. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis komik membuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn dan sesuai dengan tujuan pembelajarannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Model Problem Based Learning, Komik, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:51
Last Modified: 21 Jul 2022 07:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29983

Actions (login required)

View Item View Item