ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA SMP-IT YARSI MATARAM DALAM MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS TAHUN AJARAN 2021/2022

NERIK PRAWITA, BQ. (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA SMP-IT YARSI MATARAM DALAM MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Bq. Nerik Prawita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya kognitif pada siswa SMP-IT Yarsi tahun ajaran 2021/2022. Dalam mencapai tujuan tersebut, digunakan jenis penelitian deskriptif. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive dan terpilih kelas VIII Al-Farabi sebagai kelas sampel. Teknik pemilihan subjek dalam penelitian ini didasarkan pada hasil tes Group Embedded Figures Test (GEFT) yang berjumlah 4 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematis siswa sedangkan tes Group Embedded Figure Test (GEFT) untuk menentukan gaya kognitif serta lembar wawancara. Dari hasil penelitian, diperoleh: (a) Siswa dengan gaya kognitif fleld Independent memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik. Siswa pada tingkat ini sudah dapat menuliskan dan menjelaskan ide matematika secara logis dan matematis, menyatakan permasalahan ke dalam bentuk gambar atau tabel dengan jelas dan tepat, serta mampu menggunkan istilah dan symbol matematika dengan tepat. (b) Siswa dengan gaya kognitif fleld dependent memiliki kemampuan komunikasi matematis yang belum cukup baik. Siswa pada tingkat ini belum mampu menuliskan dan menjelaskan ide matematika secara logis dan matematis, menyatakan permasalahan ke dalam bentuk gambar atau tabel dengan jelas dan tepat, serta belum mampu menggunakan istilah dan symbol matematika dengan tepat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif, (Group Embedded Figure Test GEFT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:51
Last Modified: 21 Jul 2022 07:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29984

Actions (login required)

View Item View Item