PENERAPAN PERMAINAN PESAN BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK B DI RA HIDAYATUL IKHSAN NW TEBABAN

SHOFIA, HIKMATUZZOHRAH (2022) PENERAPAN PERMAINAN PESAN BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK B DI RA HIDAYATUL IKHSAN NW TEBABAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SHOFIA SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak anak dengan menerapan permainan pesan berantai pada Kelompok B di RA Hidayatul Ikhsan NW Tebaban. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yakni faktor guru dan faktor siswa dengan jumlah siswa 10 orang dan 1 orang guru. Pelaksanaan penerapan permainan pesan berantai yang semakin baik membuat keterampilan menyimak anak di setiap siklusnya meningkat. Pada pra siklus keterampilan menyimak anak mencapai 33,4% dikatagorikan belum meningkat hal ini disebabkan karena metode yang digunakan guru sangat monoton dalam pembelajaran yakni hanya mengajarkan anak membaca, menulis, bernyanyi dan pemberian tugas. Setelah melakukan permainan pesan berantai dengan pada siklus I mencapai 48,9% yang kemudian meningkat menjadi 76,9% pada siklus II dengan katagori terlaksana secara maksimal. Hal tersebut membuat keterampilan menyimak anak pada siklus 1 mencapai 62,7% dikatagorikan mulai meningkat. Dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 82,2% dan mencapai indikator keberhasilan yang berjumlah 76%. Hal ini dikarenakan usaha guru yang sangat maksimal dalam menerapkan permainan pesan berantai dalam proses pembelajaran sehingga keterampilan menyimak anak semakin meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Keterampilan menyimak, permainan pesan berantai, RA Hidayatul Ikhsan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:51
Last Modified: 21 Jul 2022 07:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29988

Actions (login required)

View Item View Item