RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LAHAN GARAPAN KELOMPOK TANI PADA HUTAN KEMASYARAKATAN DESA KARANG SIDEMEN BERBASIS MOBILE

Abdusysyakir, Wajdi (2022) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LAHAN GARAPAN KELOMPOK TANI PADA HUTAN KEMASYARAKATAN DESA KARANG SIDEMEN BERBASIS MOBILE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
REVISI TUGAS AKHIR 2_ABDUSYSYAKIR WAJDI_F1D017002 SETELAH SIDANG_ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Hutan adalah sumber daya alam yang strategis dan seharusnya dikelola secara berkelanjutan agar dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi rakyat Indonesia. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah memberikan kepercayaan kepada masyarakat setempat untuk mengusahakan hutan negara sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya melalui program Hutan Kemasyarakatan (HKm). Desa Karang Sidemen merupakan salah satu desa yang telah menjalankan program HKm dan dikelola oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) HKm sesuai dengan Keputusan Bupati Lombok Tengah Nomor 39 Tahun 2010 tentang Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan (IUPHKm). Pada tahun 2019 HKm Desa Karang Sidemen telah memiliki peta lokasi garapan, namun peta tersebut dibuat berdasarkan blok-blok yang dikelola oleh 17 kelompok tani dan berbasis kertas. Sedangkan kebutuhan pada tahun 2021 adalah adanya peta lahan garapan masing-masing anggota yang menggambarkan lokasi dan luas lahan garapan berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun Sistem Informasi Geografis yang dapat menampilkan peta lahan garapan masing-masing Anggota Gapoktan Wana Lestari. Sistem ini dibangun berupa aplikasi android menggunakan metode pengembangan Extreme Programming dan mengintegrasikan Google Maps API. Pengujian sistem dilakukan dengan metode User Acceptance Test (UAT) guna dilakukan verifikasi terhadap fungsi sistem dan metode penskalaan Guttman digunakan untuk mengambil kesimpulan bahwa sistem yang telah dibangun dapat diterima oleh Gapoktan Desa Karang Sidemen. Hasil pengujian fitur Ketua Gapoktan didapatkan nilai koefisien skalabilitas sebesar 1, fitur Anggota Gapoktan didapatkan nilai koefisien skalabilitas sebesar 0.82, fitur Kepala Desa didapatkan nilai koefisien skalabilitas sebesar 1, dan fitur Kepala KPH didapatkan nilai koefisien skalabilitas sebesar 1 sehingga memiliki kesimpulan baik atau diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Sistem Informasi Geografis, Hutan Kemasyarakatan, Extreme Programming, Google Maps API, User Acceptance Test.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:46
Last Modified: 25 Jul 2022 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29995

Actions (login required)

View Item View Item