PERAN SERIKAT PEKERJA/BURUH DALAM UPAYA PEMENUHAN HAK-HAK PEKERJA PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 21 TAHUN 2000 TENTANG SERIKAT PEKERJA ( Studi di PT. Bumi Sentosa Cabang Mataram )

NURUL, MUTMAINAH (2022) PERAN SERIKAT PEKERJA/BURUH DALAM UPAYA PEMENUHAN HAK-HAK PEKERJA PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 21 TAHUN 2000 TENTANG SERIKAT PEKERJA ( Studi di PT. Bumi Sentosa Cabang Mataram ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. SKRIPSI UTUH- FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran serikat pekerja dalam upaya pemenuhan hak-hak pekerja dan faktor menghambatnya. Menggunakan metode penelitian empiris. Hasil Penelitian bahwa Peran serikat pekerja baru sebatas sebagai wakil pekerja dalam membuat Perjanjian Kerja Bersama, membangun hubungan industrial yang harmonis dan berkeadilan, serta memperjuangkan hak�hak pekerja untuk berunding, hal ini disebabkan karena adanya kendala internal dan eksternal. Dengan demikian serikat pekerja harus meningkatan sumber daya manusia bagi para pengurusnya, disamping itu terkait permasalahan hak-hak pekerja hendaknya diselesaikan secara persuasif. Kepada Pemerintah Kota Mataram harus terus menerus melakukan sosialisasi terkait regulasi dibidang ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Serikat Pekerja, Hak Buruh, Regulasi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:46
Last Modified: 25 Jul 2022 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30001

Actions (login required)

View Item View Item