UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI (Studi di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Putra Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat)

AHMAD, TARMIZI (2022) UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI (Studi di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Putra Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD TARMIZI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Pondok Pesantren Al�Ikhlas Putra dalam mengembangkan karakter disiplin santri, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pondok Pesantren Al-Ikhlas Putra dalam mengembangkan karakter disiplin santri. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawacara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) upaya Pondok Pesantren Al-Ikhlas Putra dalam mengembangkan karakter disiplin santri berupa pembiasaan, pemberian nasehat, penegakkan aturan, dan penerapan reward dan punishment. (2) faktor pendukung Pondok Pesantren Al-Ikhlas Putra dalam mengembangkan karakter disiplin santri berupa adanya kerjasama semua unsur dan adanya organisasi Ospi. Faktor penghambat Pondok Pesantren Al-Ikhlas dalam mengembangkan karakter disiplin santri putra berupa faktor orang tua santri dan faktor kepribadian santri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pondok Pesantren, Karakter, disiplin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:46
Last Modified: 25 Jul 2022 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30003

Actions (login required)

View Item View Item