ANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK NOVEL RAPIJALI KARYA DEE LESTARI DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Kurniati, Ningsih (2022) ANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK NOVEL RAPIJALI KARYA DEE LESTARI DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Kurniati Ningsih_E1C018045_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Unsur Intrinsik dan Ektrinsik Novel “Rapijali” Karya Dee Lestari dan Kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA” ini mengangkat masalah bagaimanakah unsur intrinsik dan ektrinsik yang terdapat pada novel dan relevansinya dengan materi pembelajaran sastra yang ada di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam peneltian ini berasal dari novel “Rapijali” karya Dee Lestari. Data diperoleh dengan studi kepustakaan dan Teknik catat. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: 1) unsur intrinsik yang terdapat pada novel adalah: a) tema yaitu teruslah mengejar mimpimu walaupun banyak rintangan yang menghadang, b.) tokoh yaitu dengan tokoh utama “Ping” serta tokoh lain sebagai tokoh pembantunya c) latar/setting yaitu latar tempat, waktu dan suasana d) Alur/plot yaitu alur maju yang diawali dengan pengenalan, pemunsulan konflik, konflik memuncak, konflik mereda, dan tahap penyelesaian, e) sudut pandang yaitu orang ketiga, f) gaya bahasa yaitu sakarsme, majas simbol dan majas perfonifikasi, g) suspense yaitu berlanjut ke Rapijali season ke-II, 2) unsur ektrinsik yang terdapat pada novel adalah a) nilai moral, b) nilai sosial, c) nilai religius. 3) relevansinya dengan pembelajaran sastra di SMA yaitu siswa dapat memahami unsur intrinsik dan ektrinsik dalam novel.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci: Novel, Intrinsik, Ektrinsik, Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:46
Last Modified: 25 Jul 2022 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30008

Actions (login required)

View Item View Item