PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MIKRO TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DUSUN AIKPRAPA KECAMATAN AIKMEL TAHUN 2021

LINA, MARDIANA (2022) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MIKRO TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DUSUN AIKPRAPA KECAMATAN AIKMEL TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_LINA MARDIANA_FiX Sudah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh dari metode bermain peran mikro terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Dusun Aikprapa Kecamatan Aikmel tahun 2021. Jenis penelitian ini kuantitatif komparatif. Menggunakan metode eksperiment yaitu pre eksperimental design dengan bentuk group pretest–posttest design. Subjek penelitian 8 orang anak usia 5-6 tahun, teknik pengumpulan data menggunakan pemberian treatment, observasi menggunakan instrumen penelitian, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode statistik non-parametris dan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Dusun Aikprapa Kecamatan Aikmel sebelum diberikan perlakuan menggunakan metode bermain peran mikro diperoleh hasil pre-test anak dengan skor rata-rata 53,62% yaitu perkembangan kognitif anak berada pada kriteria kurang berkembang. Setelah diberikan perlakuan menggunakan metode bermain peran dapat diperoleh data post-test dengan skor rata-rata 85,12% yaitu perkembangan kognitif anak berada pada kriteria cukup berkembang. Hasil Whitung = 6 dan Wtabel = 0, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bermain peran mikro terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di dusun Aikprapa kecamatan Aikmel tahun 2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Bermain Peran Mikro, Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:46
Last Modified: 25 Jul 2022 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30009

Actions (login required)

View Item View Item