HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan dalam M Program PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA

SAFRINA, AZARIA RAHMAN (2022) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan dalam M Program PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SAFRINA AZARIA RAHMAN_E1M016061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kesuksesan mahasiswa dalam memperoleh hasil belajar kimia yang maksimal dapat dipengaruhi oleh kemampuan spasial yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana kemampuan spasial mahasiswa, (2) bagaimana hasil belajar kimia mahasiswa, serta (3) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan spasial terhadap hasil belajar kimia mahasiswa, jika ada seberapa besar hubungannya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester empat Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram tahun akademik 2021/2022 yang berjumlah 68 mahasiswa dan diambil sebanyak 58 mahasiswa sebagai sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial, dimana hipotesis penelitian diuji menggunakan analisis bivariat dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan spasial mahasiswa berada pada kategori sangat rendah, (2) hasil belajar kimia mahasiswa berada pada kategori cukup, serta (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan spasial terhadap hasil belajar kimia mahasiswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,387 dan tingkat hubungan dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan spasial, hasil belajar, kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:47
Last Modified: 25 Jul 2022 01:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30014

Actions (login required)

View Item View Item