PENGARUH PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) BERBASIS MASALAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

HADITYA ARRIA RAHMANA, L (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) BERBASIS MASALAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_L Haditya Arria Rahmana_E1Q018037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEM berbasis masalah terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan bentuk deasain nonequivalen control group. Waktu dan tempat penelitian ini dilakukan pada bulan maret minggu ketiga sampai minggu kedua bulan april di SMAN 1 Sikur. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2, XI MIPA 3, dan XI MIPA 4 tahun ajaran 2021/2022 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Data penguasaan konsep menggunakan tes berupa soal uraian. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji t independen untuk menganalisis perbedaan skor rata-rata pre-test dan post-test di kedua kelas, menggunakan bantuan software SPSS 16. Uji hipotesis t independen menghasilkan sig.(2-tailed) sebesar 0,009 lebih kecil dibanding nilai signifikansi (0,05) sehingga ditolak dan disimpulkan terdapat perbedaan penguasaan konsep fisika akibat penerapan model pembelajaran STEM berbasis masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Model pembelajaran STEM berbasis masalah, penguasaan konsep, quasi experiment, dan nonequivalen control group design.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:47
Last Modified: 25 Jul 2022 01:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30016

Actions (login required)

View Item View Item