PEMANFAATAN TEPUNG DAUN KELOR MUDA (Moringa oleifera) SEBAGAI BAHAN BAKU PAKAN BUATAN PADA BUDIDAYA IKAN MAS (Cyprinus carpio)

DURI, KELAO NARIA (2022) PEMANFAATAN TEPUNG DAUN KELOR MUDA (Moringa oleifera) SEBAGAI BAHAN BAKU PAKAN BUATAN PADA BUDIDAYA IKAN MAS (Cyprinus carpio). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Duri Kelao Naria (C1K015021) pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

kan mas (Cyprinus carpio) merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang termasuk komoditas perikanan air tawar yang memiliki prospek yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan tepung daun kelor muda (Moringa oleifera) sebagai bahan baku pakan buatan pada budidaya ikan mas (Cyprinus carpio). Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan, perlakuan P1 (kontrol), P2 (10% tepung daun kelor), P3 (20% tepung daun kelor), P4 (30% tepung daun kelor). Hasil penelitian menunjukan bahwa Penambahan tepung daun kelor pada pakan dengan dosis berbeda dapat mempengaruhi berat mutlak, FCR, EPP dan kelangsungan hidup Ikan Mas (Cyprinus carpio) tetapi tidak mempengaruhi panjang mutlak dan laju pertumbuhan spesifik. Penambahan tepung daun kelor 30% pada pakan ikan mas merupakan perlakuan terbaik, karena dapat memberikan berat mutlak sebesar 5.09 g, FCR sebesar 1.86% , EPP sebesar 53.95% dan SR sebesar 86.67% pada budidaya ikan mas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Ikan mas, Daun Kelor
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:48
Last Modified: 25 Jul 2022 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30040

Actions (login required)

View Item View Item