TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJASAMA DENGAN AKTA AUTENTIK PADA USAHA PERTAMBANGAN GALIAN C ( Studi Kasus Di Desa Pemepek Kec. Pringgarata Lombok Tengah)

GEDE NGURAH SASTRAYANA, I (2022) TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJASAMA DENGAN AKTA AUTENTIK PADA USAHA PERTAMBANGAN GALIAN C ( Studi Kasus Di Desa Pemepek Kec. Pringgarata Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_I Gede Ngurah Sastrayana_D1A015092.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan perjanjian kerjasama dengan akta autentik pada usaha pertambangan galian c di Desa Pemepek Kec. Pringgarata Lombok Tengah. Jenis penelitian dalam penulisan ini adalah penelitian normatif empiris. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa pelaksanaan perjanjian kerjasama Pertambangan Galian C Di Desa Pemepek yang dilakukan Oleh Tuan Kasim Dan Tuan Humaidi ini ini pada tahun pertama dan tahun kedua berjalan sesuai dengan apa yang diperjanjikan dalam akta autentik, bahwa pihak pertama mengembalikan modal pihak kedua secara berangsur-angsur dan melakukan pembagian keuntungan sama-sama 50% di tahun pertama serta 87,5% pihak pertama dan 12,5% untuk pihak kedua di tahun kedua. Tetapi pada tahun ketiga terjadi permasalahan wanprestasi akibat dari pihak pertama yang melakukan manipulasi data keuntungan yang menyebabkan pihak kedua merasa ditipu dan tidak memperoleh keuntungan yang menjadi haknya, sehingga perjanjian kerjasama diputuskan untuk diakhiri. Akibat dari permasalahan yang terjadi tersebut, maka pada tahun ketiga perjanjian kerjasama ini dilaksanakan tidak sesuai dengan isi akta autentik.Penyelesaian sengketa wanprestasi dalam perjanjian kerjasama pertambangan galian c yang dilakukan oleh kedua belah pihak yakni menggunakan upaya hukum di luar pengadilan (non litigasi) yaitu dengan cara negosiasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pelaksanaan, Perjanjian Kerjasama, Akta Autentik, Usaha Pertambangan Galian C.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:12
Last Modified: 26 Jul 2022 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30052

Actions (login required)

View Item View Item