PEMANFAATAN TEPUNG DAUN TURI (Sesbania grandiflora) HASIL FERMENTASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN GURAMI (Osphronemous goramy)

SRI, WAHYUNI (2022) PEMANFAATAN TEPUNG DAUN TURI (Sesbania grandiflora) HASIL FERMENTASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN GURAMI (Osphronemous goramy). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
sri wahyuni skripsi C1K015077 BEN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan gurami (Osphronemus goramy) merupakan ikan air tawar yang sudah lama dikenal masyarakat dan banyak dibudidayakan. Ikan gurami merupakan salah satu dari satu dari 15 (lima belas) jenis komoditi perikanan yang ditujukan untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani serta pemenuhan sasaran peningkatan gizi masyarakat. Ikan gurami mempunyai nilai ekonomis yang tinggi karena selain banyak disukai juga mempunyai harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lain yang umum dipasarkan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisa pengaruh penambahan tepung daun turi yang telah difermentasi pada pakan untuk meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan gurami (Oshpronemus goramy). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan yaitu P1 (tanpa pemberian daun turi fermentasi) P2 ( pemberian daun turi fermentasi 10%), P3 (pemberian daun turi fermentasi 15%), P4 (pemberian daun turi fermentasi 20%), kemudian dilakukan uji langsung menggunakan analysis of variance (ANOVA). Paramaeter penelitian meliputi Berat Mutlak (BM), Panjang Mutlak (PM), laju pertumbuhan spesifik (SGR), rasio konfersi pakan (FCR), Efisiensi Pemanfaatan Pakan (EPP), Survival Rate (SR) dan kualitas air. Hasil penelitian ini menunjukkan pemberian pakan dengan penambahan daun turi fermentasi tidak berpengaruh nyata terhadap Berat Mutlak (BM), Panjang Mutlak (PM), laju pertumbuhan spesifik (SGR), rasio konfersi pakan (FCR), Efisiensi Pemanfaatan Pakan (EPP) dan Survival Rate (SR).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Fermentasi , Ikan Gurami, Daun Turi , Pertumbuha
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:12
Last Modified: 26 Jul 2022 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30054

Actions (login required)

View Item View Item