PENGARUH PEMBERIAN PAKAN MAGGOT (Hermetia illucens) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN MAS (Cyprinus carpio)

HIRZA, RANGGANA (2022) PENGARUH PEMBERIAN PAKAN MAGGOT (Hermetia illucens) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN MAS (Cyprinus carpio). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Hirza Ranggana_PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan mas (Cyprinus carpio) merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang termasuk komoditas perikanan air tawar yang memiliki prospek yang baik. Masalah yang dihadapi pembudidaya ikan mas adalah pemanfaatan pakan belum maksimal yang dipengaruhi oleh kualitas pakan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah dengan pemberian pakan tambahan maggot untuk mengoptimalkan penggunaan pakan dan mempercepat proses pertumbuhan, sehingga mengurangi lama pemeliharaan dan mengurangi biaya produksi. Maggot (Hermetia illucens.) merupakan bahan yang cocok dijadikan sebagai pengganti pakan karena memiliki banyak khasiat dan kegunaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan maggot terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan mas (C. Carpio). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan yaitu, P1 (pakan komersil), P2 (maggot basah100%), P3 (maggot kering 100%), dan P4 (maggot basah 50% dan pellet 50%). Parameter yang diukur adalah laju pertumbuhan mutlak, laju pertumbuhan spesifik, rasio konversi pakan, efisiensi pakan, kelangsungan hidup dan kualitas air. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dihitung menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemberian pakan maggot memberikan hasil yang sama dengan pakan komersil dan tidak berbeda nyata terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup (SR) ikan mas (C carpio).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ikan Mas, Maggot, Pertumbuhan, Kelangsungan Hidup
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:12
Last Modified: 26 Jul 2022 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30055

Actions (login required)

View Item View Item