TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA SALON KECANTIKAN TERHADAP KERUSAKAN GIGI KONSUMEN DALAM PEMASANGAN BEHEL

NURLINA, NURLINA (2022) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA SALON KECANTIKAN TERHADAP KERUSAKAN GIGI KONSUMEN DALAM PEMASANGAN BEHEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURLINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar hukum, hak dan kewajiban pelaku usaha salon kecantikan untuk memasang behel gigi konsumen dan tanggung jawab hukum pelaku usaha salon kecantikan terhadap kerusakan gigi konsumen akibat pemasangan behel. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan peraturan perundang-undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan sosiologis. Hasil penelitian ini yaitu Praktek salon kecantikan tidak memiliki dasar hukum pemasangan behel dan bertentangan dengan hak dan kewajibannya, salon kecantikan hanya sebatas ijin usaha salon kecantikan, bahkan dokter umum tidak berwenang dalam memasang behel hanya dokter gigi spesialis orthodonti yang berwenang dalam memasang behel. Dengan demikian salon kecantikan dalam hal melakukan pemasangan behel gigi termasuk perbuatan ilegal, tidak mememiliki dasar hukum dan termasuk wanprestasi, serta perbuatan melawan hukum. Pelaku usaha salon kecantikan telah melakukan perbuatan melawan hukum, melakukan penyimpangan terhadap asas kebebasan berkontrak, causa yang halal dan suatu hal tertentu, sehingga tidak ada tanggung jawab salon kecantikan dalam pemasangan behel karena perjanjiannya batal demi hukum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Tanggung jawab, Salon, Behe
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:12
Last Modified: 26 Jul 2022 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30059

Actions (login required)

View Item View Item