TINJAUAN YURIDIS KEGIATAN SIMPAN PINJAM MENGGUNAKAN NAMA ORANG LAIN PADA KOPERASI (Studi di KSU Syariah Surya Ganda Lestari Lombok Timur)

SUCI, MALQORI’AH (2022) TINJAUAN YURIDIS KEGIATAN SIMPAN PINJAM MENGGUNAKAN NAMA ORANG LAIN PADA KOPERASI (Studi di KSU Syariah Surya Ganda Lestari Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AKHIR Suci Malqoriah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dalah untuk mengetahui dan menganalisis konsekuensi hukum pinjam uang dengan pinjam nama pihak lain pada koperasi, serta untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme penyelesaian sengketa yang digunakan oleh koperasi jika terjadi sengekta yang disebabkan oleh nasabah yang meminjam menggunakan nama orang lain pada kopersi. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian normatif-empiris dengan pendekatan perundang-undangan, konseptual, sosiologis, dan kasus. Konsekuensi hukum dari pinjam uang dengan pinjam nama pihak lain pada koperasi yaitu pihak koperasi akan tetap melakukan penagihan pelunasan pinjaman kepada orang yang namanya tertera didalam surat permohonan pinjaman, dan memberikan sanksi berupa tidak akan melakukan pelayanan dalam bentuk apapum kepada anggota yang meminjam menggunakan nama orang lain terkait untuk mekanisme penyelesaian sengketa yang digunakan oleh koperasi yakni koperasi akan menggunakan cara musyawarah dan mufakat, jika dengan cara tersebut sengketa atara koperasi dan anggota yang meminjam menggunakan nama orang lain belum bisa terselesaikan, maka pihak koperasi akan menggunakan Alternatif Penyelesaian Sengketa berupa mediasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Simpan Pinjam, Pinjam Nama, Koperasi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2022 15:18
Last Modified: 25 Jul 2022 15:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30061

Actions (login required)

View Item View Item