PENGEMBANGAN MASKER PEEL OFF ANTIOKSIDAN DARI BAHAN AKTIF VIRGIN COCONUT OIL SEBAGAI SUPLEMEN MATA KULIAH KIMIA BAHAN ALAM

JONO, IRAWAN (2022) PENGEMBANGAN MASKER PEEL OFF ANTIOKSIDAN DARI BAHAN AKTIF VIRGIN COCONUT OIL SEBAGAI SUPLEMEN MATA KULIAH KIMIA BAHAN ALAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS_JONO IRAWAN_I2E020016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk masker peel off dengan bahan aktif alami. Bahan aktif organik sangat populer di kalangan masyarakat saat ini. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen laboratorim. Bahan aktif antioksidan menggunakan Virgin Coconut Oil (VCO) dari kelapa (Cocos nucifera L.) dan trimiristin dari pala (Myristica fragrans Houtt) sebagai whitening agent. Produk masker peel off dilakukan uji organoleptik, uji sifat fisik, dan uji aktivitas antioksidan. Penentuan aktivitas antioksidan dilakukan dengan metode DPPH pada panjang gelombang 517 nm. Hasil uji organoleptik menunjukkan masker peel off berwarna putih, berbau ekstrak VCO, dan memiliki tekstur semi solid (gel). Karateristik fisik masker tergolong homogen, pH normal 6,46 (f1) dan 6,53 (f2), dan memiliki waktu mengering selama 15 menit. Daya sebar gel sebesar 4,54 ± 0,01 (f1) dan 4,67 ± 0,16 (f2). Aktivitas antioksidan masker peel off dengan persentase inhibisi sebesar 25,61 % (f1) dan 38,16% (f2). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa masker peel off hasil pengembangan memenuhi standar secara organoleptik, sifat fisik, dan memiliki aktivitas antioksidan. Produk masker peel off selain memiliki aktivitas antioksidan juga mempu memutihkan kulit wajah dengan kandungan senyawa trimiristin dengan kemurnian mencapai 76,46%.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Masker Peel off, Antioksidan, Virgin Coconut Oil (VCO), Trimiristin.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:18
Last Modified: 27 Jul 2022 05:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30069

Actions (login required)

View Item View Item