KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA KOMUNITAS BANK SAMPAH PAMAN-SAM (PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN SAMPAH) DI DESA NARMADA, KABUPATEN LOMBOK BARAT

LALU, HILMAN MAULANA (2022) KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA KOMUNITAS BANK SAMPAH PAMAN-SAM (PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN SAMPAH) DI DESA NARMADA, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1645958000989_L.Hilman Maulana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi kelompok dalam meningkatkan partisipasi masyarakat serta hambatan yang ditemukan pada Komunitas Bank Sampah Paman-Sam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Komunitas Paman-Sam (ketua, divisi sosialisasi, divisi pelatihan, dan divisi pemasaran) serta 3 orang nasabah. Objek penelitiannya adalah komunikasi kelompok untuk meningkatkan partisipasi dan hambatan. Daerah penelitian adalah Dusun Temas, Desa Narmada, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analysis interactive dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi kelompok secara dua arah dan satu arah digunakan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada Komunitas Bank Sampah Paman-Sam di Desa Narmada. Sementara itu, hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat, minimnya pengetahuan terkait pengelolaan sampah, kurangnya dukungan dari tokoh masyarakat ataupun remaja, hambatan psikologis, kondisi fisik, dan sosiologis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): komunitas, bank sampah, komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:18
Last Modified: 27 Jul 2022 05:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30070

Actions (login required)

View Item View Item