PENERAPAN PERJANJIAN KERJA PADA UMKM DI KOTA MATARAM MENURUT UNDANG-UNDANG NO.13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN DAN UNDANG-UNDANG NO.11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA

CAHYANI, YUNIATI (2022) PENERAPAN PERJANJIAN KERJA PADA UMKM DI KOTA MATARAM MENURUT UNDANG-UNDANG NO.13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN DAN UNDANG-UNDANG NO.11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi CAHYANI YUNIATI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan perjanjian kerja berdasarkan hukum positif Indonesia dan penerapan perjanjian kerja pada UMKM di Kota Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, sedangkan metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, pendekatan sosiologis, selanjutnya data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah pengusaha-pengusaha tidak sepenuhnya menerapkan perjanjian kerja pada UMKM di Kota Mataram. Para pengusaha mengandalkan SOP yang telah dibuat secara sepihak tanpa melibatkan pihak kedua yakni pekerja. Penerapan perjanjian kerja dibuat secara lisan artinya tidak tertulis kemudian jenis perjanjian kerja yakni perjanjian kerja waktu tidak tertentu melihat status pekerja pada UMKM di Kota Mataram yakni Sebagian besar yakni pekerja tetap.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Penerapan, Perjanjian Kerja, Pada UMKM
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:19
Last Modified: 27 Jul 2022 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30079

Actions (login required)

View Item View Item