RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE RATIONAL UNIFIED PROCESS (STUDI KASUS PADA TK AL-MADINA ACADEMY)

Nurmayani, Firdaus (2022) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE RATIONAL UNIFIED PROCESS (STUDI KASUS PADA TK AL-MADINA ACADEMY). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN_TA_2_NURMAYANI FIRDAUS_F1D017068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

TK Al-Madina Academy merupakan salah satu jenjang pendidikan untuk anak-anak yang terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pendidikan merupakan sarana untuk memajukan sumber daya manusia. Maka, untuk mewujudkan kemajuan dalam dunia pendidikan, diperlukan suatu alat untuk mengelola data seperti data nilai rapor, pesan konsultasi, dan jadwal pembelajaran. Alat tersebut nantinya dapat digunakan untuk mengontrol kegiatan murid di sekolah sehingga hasil informasi dapat segera tersampaikan dan proses monitoring dapat berjalan efektif karena adanya komunikasi langsung antara pihak sekolah dan wali murid. Sistem ini dapat dieksekusi secara online oleh pihak sekolah dan wali murid. Dengan adanya sistem ini diharapkan sekolah mampu mengolah data secara efisien serta membantu kecepatan dan kualitas dalam penyampaian informasi. Untuk mendukung pengembangan website, digunakan metode Rational Unified Process (RUP) yang dapat membantu dalam proses pengembangan sistem. Metode RUP merupakan metode pengembangan website yang berorientasi objek, metode ini dipilih karena memiliki fleksibilitas dalam proses pengembangannya. Perspektif yang akan digunakan adalah Dynamic Perspective and Lifecycle Phases. Pengujian terhadap sistem yang dibangun diuji menggunakan standar pada aspek functional suitability dan usability. Pada pengujian aspek functional suitability dilakukan dengan 3 pengguna yang diperoleh hasil sebesar 1 yang artinya bahwa semua fitur sistem sudah berjalan dengan benar. Pada hasil pengujian usability yang dilakukan oleh 30 responden didapatkan nilai sebesar 87,46% sehingga sesuai dengan nilai kategori kelayakan usability bahwa pada rentang 81-100 diklasifikasikan ke kategori sangat layak. Sehingga metode RUP merupakan metode yang tepat untuk pengembangan sistem.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci – Sistem Informasi Akademik, TK Al-madina Academy, Rational Unified Process, web
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:19
Last Modified: 27 Jul 2022 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30080

Actions (login required)

View Item View Item