Perbandingan Ideal Prima Pada Gelanggang Polinomial Bilangan Bulat Z[x] Dan Gelanggang Polinomial Bilangan Bulat Modulo Zn[x]

Fatahillah, Daisyah Alifian (2022) Perbandingan Ideal Prima Pada Gelanggang Polinomial Bilangan Bulat Z[x] Dan Gelanggang Polinomial Bilangan Bulat Modulo Zn[x]. Perbandingan Ideal Prima Pada Gelanggang Polinomial Bilangan Bulat Z[x] Dan Gelanggang Polinomial Bilangan Bulat Modulo Zn[x].

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Elpsa Dais.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

Suatu gelanggang dapat dibentuk gelanggang baru yaitu gelanggang polinomial atau yang sering disebut dengan gelanggang R[x]. Untuk R[x]=Zn[x] merupakan suatu gelanggang polinom yang sering disebut sebagai gelanggang polinom bilangan bulat modulo n. Gelangang polinom atas adalah himpunan semua polinom dengan konstantan R dimana R[x]={a0+a1x+...anx^n}. Pada tahun 2019 Maulana dkk telah membahas mengenai sifat- sifat ideal prima pada bilangan bulat Gauss. Pada artikel ini akan diberikan perbandingan sifat-sifat ideal prima pada gelanggang polinom bilangan bulat modulo dengan gelanggang polinom bilangan bulat,,dimana jika ideal prima pada bilangan bulat belum tentu ideal prima pada gelanggang bilangan bulat modulo .

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): gelanggang polinom, bilangan bulat modulo, ideal prima
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr. I Gede Adhitya Wisnu Wardhana
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:19
Last Modified: 27 Jul 2022 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30087

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item