TINJAUAN YURIDIS TENTANG RELAKSASI KREDIT PEMBIAYAAN KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 ( STUDI DI PT KREDIT PLUS CABANG SELONG KAB. LOMBOK TIMUR )

ZURAIDA, SALSABILA (2022) TINJAUAN YURIDIS TENTANG RELAKSASI KREDIT PEMBIAYAAN KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 ( STUDI DI PT KREDIT PLUS CABANG SELONG KAB. LOMBOK TIMUR ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PROPOSAL PENELITIAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pelaksanaan relaksasi di PT. Kredit Plus serta mengetahui hambatan yang terjadi pada saat relaksasi kredit berserta solusi yang ditawarkan oleh PT. Kredit plus dalam mengatasi hambatan – hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode normatif empiris yang dimana penelitian ini menggunakan metode pendekatan perundang – undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan kasus. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) PT. Kredit Plus menawarkan 3 skema relaksasi, yaitu payment holiday yaitu penangguhan pembayaran, re – restrukturisasi yaitu perpanjangan pembayaran dan angsurannya diperkecil, dan relaksasi bunga yaitu debitur hanya membayar bunganya saja. (2) Hambatan dalam relaksasi kredit di PT Kredit Plus yaitu debitur tidak memahami tentang relaksasi kredit, debitur tidak memenuhi kriteria relaksasi, kesalahan penafsiran tentang relaksasi, debitur susah dihubungi. Dengan berbagai hambatan yang terjadi pihak Kredit Plus Selong mengatasi hal tersebut dengan cara menghubungi debitur untuk mensosialisasikan tentang relaksasi kredit sehingga kebijakan ini dapat dirasakan dan terbantu untuk para debitur yang terkena dampak covid – 19.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Lembaga pembiayaan, relaksasi kredit, perjanjian pembiayaan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:19
Last Modified: 27 Jul 2022 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30093

Actions (login required)

View Item View Item