PERAN BALAI MONITOR SPEKTRUM FREKUENSI RADIO KELAS II MATARAM DALAM MENANGANI TINDAK PIDANA PENGGUNAAN SPEKTRUM FREKUENSI RADIO TANPA IZIN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 1999 TENTANG TELEKOMUNIKASI

DERRY, MAULANA (2022) PERAN BALAI MONITOR SPEKTRUM FREKUENSI RADIO KELAS II MATARAM DALAM MENANGANI TINDAK PIDANA PENGGUNAAN SPEKTRUM FREKUENSI RADIO TANPA IZIN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 1999 TENTANG TELEKOMUNIKASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Derry Maulana_D1A015062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Mataram dalam menangani tindak pidana penggunaan spektrum frekuensi radio tanpa izin dan apakah yang menjadi hambatan pihak Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Mataram dalam menangani tindak pidana penggunaan spektrum frekuensi radio tanpa izin. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan ilmu hukum, khususnya dalam bidang hukum penegakan hukum di bidang telekomunikasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengaplikasikan metode penelitian hukum empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Mataram dalam menangani tindak pidana penggunaan spektrum frekuensi radio tanpa izin adalah dengan menggunakan upaya preventif dan represif. Upaya preventif dilakukan dengan cara mengadakan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya penggunaan spektrum frekuensi radio dengan izin pemerintah. Adapun upaya represif yang dilakukan oleh Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Mataram yaitu dengan cara melakukan penegakan hukum di bidang telekomunikasi. Hambatan yang dihadapi oleh Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Mataram dalam menangani tindak pidana penggunaan spektrum frekuensi radio tanpa izin adalah kurangnya kesadaran hukum masyarakat, keterbatasan anggaran dan faktor penegak hukum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Peran, Tindak Pidana, Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio Tanpa Izin
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:19
Last Modified: 27 Jul 2022 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30094

Actions (login required)

View Item View Item