IMPLEMENTASI METODE AHP DAN SAW UNTUK PENILAIAN KINERJA WAKIL RAKYAT STUDI KASUS DPRD KABUPATEN DOMPU

Ferry, Zaini Firdhaus (2022) IMPLEMENTASI METODE AHP DAN SAW UNTUK PENILAIAN KINERJA WAKIL RAKYAT STUDI KASUS DPRD KABUPATEN DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA2_FERRY ZAINI FIRDHAUS_F1D015025 Revisi I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi komputer dan sistem informasi, maka penilaian kinerja anggota DPRD dapat dilakukan secara otomatis dengan menerapkan metode atau algoritma tertentu. Penilaian kinerja anggota DPRD saat ini dilakukan secara manual, dimana hal tersebut sangat rentang terhadap sikap tidak objektif. Penilaian yang tidak objektif akan sangat berpengaruh terhadap setiap keputusan yang diambil di dalam pelaksanaan program kerja. Penilaian kinerja wakil rakyat dilakukan dengan mengimplementasikan Metode AHP dan SAW untuk mendukung pengambilan keputusan dalam melakukan penilaian kinerja setiap anggota DPRD Kabupaten Dompu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja di DPRD Kabupaten Dompu selama 1(satu) tahun terhitung dari tanggal 1 Oktober 2019 hingga 30 September 2020 Penelitian ini mampu memberikan gambaran kinerja anggota DPRD Kabupaten Dompu selama satu tahun dan juga sebagai bahan pertimbangan bagi pihak Sekertariat Dewan dan Pimpinan DPRD serta pimpinan partai politik dalam usaha meningkatkan kinerja anggotanya. Pada tugas akhir menghasilkan kesimpulan yaitu sistem pendukung keputusan yang dibangun telah berhasil melakukan penilaian kinerja anggota DPRD, penentuan kinerja anggota DPRD Kabupaten Dompu menggunakan metode AHP memiliki waktu komputasi yang lebih lama dibandingkan dengan metode SAW serta sistem pendukung keputusan yang dibangun bersifat fleksibel dimana data-data dalam sistem ditambahkan , diperbarui, atau dihapus.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci – Implementasi AHP, Implementasi SAW, Analytical Hierarchy Process , Simple Additive Weigh, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:19
Last Modified: 27 Jul 2022 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30096

Actions (login required)

View Item View Item