PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG DAUN KELOR TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ORGANOLEPTIK PADA STIK RUMPUT LAUT (Eucheuma cottonii)

NOVITA, SARI (2022) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG DAUN KELOR TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ORGANOLEPTIK PADA STIK RUMPUT LAUT (Eucheuma cottonii). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI_NOVITA SARI-J1A018081 (Repaired) rev sidang.CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung daun kelor terhadap aktivitas antioksidan dan disukai oleh panelis. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor tunggal (pengaruh penambahan tepung daun kelor) dengan 6 perlakuan yaitu penambahan tepung daun kelor 0%, 3%, 4%, 5%, 6% dan 7%. Parameter yang diamati terdiri dari mutu kimia (kadar air, kadar lemak dan aktivitas antioksidan), mutu fisik (kekerasan) dan mutu organoleptik (warna, aroma, tekstur dan rasa) yang diuji secara hedonik dan skoring. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis keragamanan dengan taraf 5% menggunakan software CoStat. Jika terdapat perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjut dengan menggunakan Beda Nyata Jujur (BNJ) dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung daun kelor memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap mutu kimia (kadar lemak dan aktivitas antioksidan) dan mutu organoleptik (skoring warna, skoring aroma dan skoring rasa) namun memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata terhadap mutu kimia (kadar air), mutu fisik (kekerasan) dan mutu organoleptik (hedonik warna, hedonik aroma, hedonik tekstur, hedonik rasa dan skoring tekstur) pada stik rumput laut. Penambahan tepung daun kelor 7% direkomendasikan sebagai konsentrasi terbaik yang menghasilkan kadar air 2,66%; kadar lemak 6,76%; aktivitas antioksidan 82,35%; kekerasan 1,27%; warna, aroma, tekstur serta rasa stik yang disukai oleh panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : tepung daun kelor, antioksidan, rumput laut, stik.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:20
Last Modified: 27 Jul 2022 05:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30098

Actions (login required)

View Item View Item