PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 TEMA 3 KEGIATANKU SUB TEMA 1 KEGIATAN DI PAGI HARI SDN 1 DOPANG

MARDIYANTI, MARDIYANTI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 TEMA 3 KEGIATANKU SUB TEMA 1 KEGIATAN DI PAGI HARI SDN 1 DOPANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MARDIYANTI (E1E018088).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan media kartu kata berbasis lingkungan sekitar bertujuan untuk menjelaskan proses atau prosedur pengembangan, menguji kelayakan melalui validitas media kartu berbasis lingkungan sekitar dalam pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu tahap analysis (analisis), desaign (perancangan), develop (pengembangan), implement (implememtasi), dan evaluate (evaluasi. Subjek peneliian dalam penelitian ini menggunakan uji terbatas yaitu 9 orang siswa kelas 1 di SDN 1 Dopang. Lembar validasi dan lembar angket merupakan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data. Adapun hasil penelitian pengembangan ini berupa data kualitatif yang diperoleh dari prosese saran dan masukan dari validator serta data kuantitatif diperoleh dari hasil perhitungan lembar validasi media, validasi materi, dan angket respon siswa. Hasil validasi media diperoleh hasil 82% dengan kategori sangat valid sedangkan validasi materi diperoleh hasil 92% dengan kategori sangat valid, serta angket respon siswa diperoleh hasil 100% dengan kategori sangat layak sehingga dapat dsimpulkan bahwa media kartu kata berbasis lingkungan sekitar sangat valid dan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pengembangan, Kartu kata berbasis lingkungan sekitar, Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:20
Last Modified: 27 Jul 2022 05:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30111

Actions (login required)

View Item View Item