SISTEM INFORMASI OPTIMASI PENDISTRIBUSIAN GAS ELPIJI 3 KG MENGGUNAKAN METODE VOGEL (STUDI KASUS PT. HIDAYAT ENERGI PUTRATAMA)

Loli, Arianti (2022) SISTEM INFORMASI OPTIMASI PENDISTRIBUSIAN GAS ELPIJI 3 KG MENGGUNAKAN METODE VOGEL (STUDI KASUS PT. HIDAYAT ENERGI PUTRATAMA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA II - F1D017044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penggunaan elpiji sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah saat ini sangat berkembang pesat. Seiring dengan digulirkannya konversi dari minyak tanah ke gas elpiji oleh pemerintah tentunya berdampak pada peningkatan jumlah permintaan dari masyarakat sebagai konsumen elpiji. Proses pendistribusian gas elpiji kepada konsumen tentunya membutuhkan biaya transportasi yang dapat diperhitungkan. PT. Hidayat Energi Putratama merupakan agen gas elpiji 3 kg yang berada di kecamatan Sikur, Lombok Timur. Untuk memudahkan PT. Hidayat Energi Putratama dalam proses menghitung biaya transportasi gas elpiji dari pangkalan ke toko, maka dibuatkan suatu sistem informasi optimasi pendistribusian gas elpiji 3 kg menggunakan metode vogel. Sistem ini dibangun berbasis website menggunakan metode pengembangan sistem yaitu metode waterfall. Dengan menggunakan 3 metode teknik pengujian, dimana untuk pengujian black box dari 5 responden didapatkan hasil bahwa sistem telah berjalan sesuai dengan fungsionalitasnya. Pada pengujian white box hasil perhitungan sistem dengan perhitungan manual sama, yang menunjukkan bahwa struktur code program sesuai. Dan untuk pengujian MOS (Mean Opinion Score) dari 30 responden, didapatkan hasil sebesar 4.05 dari skala 5. Hasil akhir dari penelitian ini adalah adanya suatu sistem informasi yang digunakan untuk menghitung biaya transportasi gas elpiji dari pangkalan ke toko. Sehingga, dapat dengan mudah mengetahui biaya transportasi yang akan dikeluarkan dari pendistribusian gas elpiji.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci – Sistem Informasi Optimasi, Gas Elpiji, Waterfall, Metode Vogel, Website.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jul 2022 00:20
Last Modified: 28 Jul 2022 00:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30116

Actions (login required)

View Item View Item