PERAN WANITA PADA RUMAH TANGGA NELAYAN DALAM MENGATASI PEREKONOMIAN RUMAH TANGGA DI DESA LABUHAN LALAR KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Rizka, Budiansyah (2022) PERAN WANITA PADA RUMAH TANGGA NELAYAN DALAM MENGATASI PEREKONOMIAN RUMAH TANGGA DI DESA LABUHAN LALAR KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Rizka Budiansyah C1B116107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kegiatan produktif, peran dan besar pendapatan wanita/istri rumah tangga nelayan di Desa Labuhan Lalar Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, serta kendala yang dihadapi wanita pada rumah tangga nelayan di Desa Labuhan Lalar Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pemilihan daerah pada penelitian ini ditentukan secara Purposive, atas dasar pertimbangan bahwa semua dusun di Desa Labuhan Lalar merupakan wilayah yang paling banyak nelayannya. Penentuan jumlah responden dilakukan secara Quota Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kegiatan produktif wanita/istri nelayan dalam mengatasi perekonomian rumah tangga di Desa Labuhan Lalar, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat ini bersumber dari kegiatan produktif di bidang perikanan dan bidang non perikanan. Kegiatan dibidang perikanan berupa menjual ikan dan pada non perikanan adalah menjual baju, menjual jajanan, warung nasi, tukang sapu, dan menjual buah-buahan. (2) Peran wanita dalam ekonomi keluaraga dapat dilihat dari besar kontribusi pendapatan yang disumbangkan oleh kaum wanita. Dari hasil penelitian dengan wawancara langsung dengan wanita rumah tangga yang menjadi responden dalam penelitian ini cukup memberikan kontribusi dalam meningkatkan ekonomi dalam keluarga, sehingga mereka dapat dikatakan berperan langsung dam membatu ekonomi keluarga. Hal ini dibuktikan dari rata-rata pendapatan wanita waitu sebesar Rp. 13.440.806 dengan kontribusi yang dapat dikatakan cukup yaitu 22%. Ini membuktikan bahwa peran wanita sangat penting dalam membantu mengatasi perekonomian rumah tangga. (3) Pendapatan wanita di Desa labuhan Lalar yang terbesar adalah pedagang jajan dengan pendapatan sebesar Rp. 2.804.336/bulan, dan yang terkecil adalah tukang sapu sebesar Rp. Rp. 1.723.253/bulan. (4) Kendala yang ditemui perempuan (istri) nelayan diantaranya adalah, modal kurang sebesar (66,7%), pemasaran yang terbatas sebesar (13,3%) kurangnya bahan baku yang tersedia sebesar (20%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Peran, Produktif, Pendapatan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jul 2022 00:20
Last Modified: 28 Jul 2022 00:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30117

Actions (login required)

View Item View Item