PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS GREEN CHEMISTRY PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI

Raka, Rangga Disa (2022) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS GREEN CHEMISTRY PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RAKA RANGGA DISA_E1M016056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan Buku Petunjuk praktikum kimia berbasis green chemistry pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian menggunakan metode R&D (Research and Development) model 4-D dimodifikasi menjadi tiga langkah (3-D) yaitu Define, Design, Develop. Desain ini dimodifikasi menjadi tiga langkah dikarenakan keterbatasan peneliti untuk melakukan tahap ke empat Disseminate. Hasil penilaian kevalidan oleh validator yang terdiri dari dua dosen pendidikan kimia dan satu orang guru kimia berdasarkan indeks Aiken’V sebesar 0,77 (valid atau layak). Penilaian kepraktisan buku petunjuk praktikum kimia oleh guru kimia kelas XI teruji praktis dengan persentase 92,67% (sangat praktis) serta mendapat respon baik dari peserta didik kelas XI MIPA 2 dengan persentase rata-rata 88,15% (sangat praktis). Hasil keefektifan Buku Petunjuk praktikum diambil dari data minat belajar siswa, berdasarkan indeks kategori minat belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,22 (efektif). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Buku Petunjuk praktikum kimia berbasis green chemistry pada materi kesetimbangan kimia yang dikembangkan layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pengembangan, Buku Petunjuk Praktikum, Green Chemistry, Kesetimbangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jul 2022 00:20
Last Modified: 28 Jul 2022 00:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30118

Actions (login required)

View Item View Item