PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

SAKMAWATI, SAKMAWATI (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SAKMAWATI_E1M016062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan modul pembelajaran kimia SMA/MA berbasis kontekstual pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit. Design penelitian yang digunakan adalah model 4D (define, design, development, and dissemination). Populasi penelitian sebanyak 116 peserta didik dengan jumlah sampel 38 peserta didik kelas X IPA 3 dan IPA 4 MA NW Narmada dengan pengambilan secara acak dan dijadikan responden untuk uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validasi modul pembelajaran dari tiga orang validator yang diperoleh menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,84 dan perolehan tingkat praktikalitas dilihat dari respon peserta didik dan guru menunjukkan respon positif dengan masing-masing tingkat kepraktisan sebesar 86,44% untuk peseta didik dan dari guru sebesar 94,49%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria yakni sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jul 2022 00:31
Last Modified: 28 Jul 2022 00:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30119

Actions (login required)

View Item View Item