STUDI TINGKAT KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII DI SMPN 1 NARMADA

AZWINA, AMALIA (2022) STUDI TINGKAT KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII DI SMPN 1 NARMADA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_AZWINA AMALIA_ (E1R016014).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat keterampilan berpikir kritis siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII di SMPN 1 Narmada. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan indikator berdasarkan tahap keterampilan berpikir kritis Perkins dan Murphy yaitu (1) klarifikasi, (2) asesmen, (3) strategi, (4) inference. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 1 Narmada sebanyak 352 siswa dengan sampel 2 kelas atau sebanyak 64 siswa yang diambil secara acak, kemudian diberikan tes tertulis dan wawancara yang hasilnya dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan 4,69% siswa dengan kategori tingkat keterampilan berpikir kritis tinggi sudah mampu menyelesaikan soal sesuai dengan tahap keterampilan berpikir kritis. 4,69% siswa dengan kategori sedang sudah mampu menyelesaikan soal dengan tahap keterampilan berpikir kritis kecuali pada soal nomor 3 dan 4 terdapat tahapan yang tidak dilakukan. Dan 90,62% siswa dengan kategori rendah belum mampu menyelesaikan soal dengan tahap keterampilan berpikir kritis. Hal ini menunjukkan tingkat keterampilan berpikir kritis siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII di SMPN 1 Narmada tergolong sangat rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Keterampilan; berpikir kritis; matematika; bentuk aljabar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:04
Last Modified: 28 Jul 2022 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30120

Actions (login required)

View Item View Item