Pola Interaksi Sosial Masyarakat Lokal Dengan Masyarakat Pendatang Kawasan Industri Pertambanagan Desa Maluk Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat

GUGUN, ARDIANSYAH (2022) Pola Interaksi Sosial Masyarakat Lokal Dengan Masyarakat Pendatang Kawasan Industri Pertambanagan Desa Maluk Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI GUGUN ARDIANSYAH, S.Pd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses intraksi sosial pada masyarakat lokal dengan masyarakat pendatang di kawasan industri pertambangan desa Maluk kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat, 2) Bentuk-bentuk intraksi sosial pada masyarakat lokal dengan masyarakat pendatang di kawasan industri pertambangan desa Maluk kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat dan 3) Faktor-faktor pendorong terjadinya intraksi sosial antara masyarakat lokal sosial dengan masyarakat pendatang di kawasan industri pertambangan desa Maluk kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data dalam penelitian yaitu subjek dan informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Proses intraksi sosial pada masyarakat lokal dengan masyarakat pendatang di kawasan industri pertambangan desa Maluk kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat, terjadi melalui proses imitasi, sugesti, identifikasi dan simpati, 2) Pola intraksi sosial pada masyarakat lokal dengan masyarakat pendatang di kawasan industri pertambangan desa Maluk kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat yang terdiri dari pola/bentuk asosiatif yaitu kerja sama, akomodasi, asimilasi, akulturasi dan disosiatif yang berupa Persaingan/kompetisi, kontraversi, dan konflik dan 3) Faktor-faktor yang mendasari terjadinya interaksi sosial antara masyarakat lokal dengan masyarakat pendatang antara lain: dorongan khodrati sebagai makhluk sosial, dorongan untuk memenuhi kebutuhan dan mengembangkan diri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pola Interkasi Sosial, Masyarakat Lokal, Masyarakat Pendatang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:04
Last Modified: 28 Jul 2022 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30121

Actions (login required)

View Item View Item