USAHA PEMULIHAN SEKTOR PARIWISATA INDONESIA SELAMA PANDEMI COVID-19 MELALUI DIPLOMASI DIGITAL

MUHAMMAD, FARID (2022) USAHA PEMULIHAN SEKTOR PARIWISATA INDONESIA SELAMA PANDEMI COVID-19 MELALUI DIPLOMASI DIGITAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI M.FARID PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 merupakan bencana non-alam yang ditetapkan sebagai bencana nasional oleh pemerintah. Sektor pariwisata termasuk yang paling parah terkena dampaknya. Sejak Februari 2020 jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia mengalami penurunan yang sangat drastis, dan puncaknya terjadi April 2020 dengan jumlah wisatawan hanya sebanyak 158 ribu, sesuai dengan data yang kami rangkum pada Buku Tren Pariwisata 2021 yang diterbitkan oleh Kemenparekraf/Baparekraf. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menyelamatkan pariwisata Indonesia. Salah satu strategi utama Indonesia dalam memulihkan sektor pariwisata adalah mendapatkan kepercayaan melalui adaptasi, inovasi, dan kolaborasi antar sektor. Dengan memanfaatkan kegiatan diplomasi yang mengalami evolusi yang dibantu oleh perkembangan teknologi dan informasi terciptalah sebuah jalan diplomasi baru yang beradaptasi dengan teknologi yang tersedia saat ini yang kerap disebut dengan Diplomasi Digital. Contoh paling sederhana dari Diplomasi Digital ini adalah unggahan sosial media. Dalam rangka pemulihan pariwisata nasional, sejumlah langkah telah dilakukan yaitu program promosi digital wisata Indonesia yang bekerja sama dengan influencers asing maupun influencers dalam negeri, beberapa contohnya adalah dengan mengundang influencers yang aktif menggunakan YouTube, Twitter atapun Facebook sebagai alat utama promosi mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pandemi, Pariwisata, Kemenparekraf/Baparekraf, Teknologi, Diplomasi Digital, Media Sosial, Promosi Digital
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:04
Last Modified: 28 Jul 2022 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30122

Actions (login required)

View Item View Item