PERAN KEMITRAAN TERHADAP PENDAPATAN USAHA AGRIBISNIS PETERNAKAN AYAM BROILER STUDI KASUS DI KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Azis, Maulana Abdullah (2022) PERAN KEMITRAAN TERHADAP PENDAPATAN USAHA AGRIBISNIS PETERNAKAN AYAM BROILER STUDI KASUS DI KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Perbaikan Terbaru 08 Juni S_Azis Maulana Abdullah_C1G017032 (1)-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis peran kemitraan terhadap pendapatan usaha agribisnis peternakan ayam broiler di Kabupaten Lombok Timur.(2) Untuk menganalisis pola kemitraan yang digunakan oleh usaha agribisnis peternakan ayam broiler di Kabupaten Lombok Timur; dan (3) Untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi oleh usaha agribisnis ayam broiler di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini di laksanakan di Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. penentuan responden menggukan metode sampling jenuh. Analisis data menggunakan (1) analisis biaya dan pendapatan, (2) R/C ratio, (3) Uji F dan Uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pendapatan usaha ternak ayam broiler peternak kemitraan selama 1 Priode adalah sebesar Rp. 3.755.185. Sedangkan pendapatan usaha ternak ayam peternak mandiri selama 1 Periode adalah sebesar Rp. 11.036.582 Hasil uji-t dua sampel signifikan disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara pendapatan usaha ternak ayam broiler peternak kemitraan dan mandiri. Selain pendapatan, R/C ratio usaha ternak ayam dengan pola kemitraan selama 1 Periode juga lebih kecil dibandingkan peternak mandiri. Dimana nilai R/C ratioa usaha ternak ayam broiler pola kemitraan sebesar 1,10. Sedangkan R/C ratio usaha ternak ayam dengan mandiri selama 1 Periode adalah sebesar 1,41 Hal ini dikuatkan dengan uji lanjut yaitu uji-t dua sampel signifikan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara R/C ratio usaha ternak ayam broiler peternak kemitraan dan mandiri. antara R/C ratio usaha ternak ayam dengan pola kemitraan dan mandiri, (2) Pola kemitraan yang digunakan peternak ayam broiler di kecamatan masbgaik adalah pola 2 kemitraan inti plasma. Dimana perusahaan berperan sebagai inti (penyedia input produksi dan pemasaran) sedangkan peternak berperan sebagai plasma (penyedia tempat, tenaga kerja dan menggunakan semua input produksi yang diberikan untuk melakukan pemeliharaan ayam broiler, 3) Kendala-kendala yang paling banyak di hadapi oleh peternak ayam dengan pola kemitraan dan mandiri adalah suara yang bising yang mengakibatkan ternak stres, cuaca yang tidak menentu juga mengakibatkan ternak stres, jumlah penduduk yang perkembangannya sangat pesat mengakibatkan beberapa kandang ayam pedaging harus pindah, harga pakan yang selalu naik tidak diikuti dengan kenaikan harga daging dan ayam. Serta kendala internal yaitu modal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ayam Pedaging,Kemitraan, Mandiri(non mitra), Pendapatan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:04
Last Modified: 28 Jul 2022 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30124

Actions (login required)

View Item View Item