PERAN PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN (PPL) DALAM PENGEMBANGAN SISTEM AGRIBISNIS JAGUNG DI KECAMATAN GERUNG LOMBOK BARAT

Ajeng, Pratiwi (2022) PERAN PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN (PPL) DALAM PENGEMBANGAN SISTEM AGRIBISNIS JAGUNG DI KECAMATAN GERUNG LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_AJENG PRATIWI_C1G017009_PERAN PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN (PPL) DALAM PENGEMBANGAN SISTEM AGRIBISNIS JAGUNG DI KE~1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peran penyuluh pertanian lapangan dalam agribisnis jagung di Kecamatan Gerung Lombok Barat; 2) mengetahui pengembangan sistem agribisnis jagung di Kecamatan Gerung Lombok Barat; dan 3) mengetahui hubungan antara peran penyuluh pertanian dalam agribisnis jagung dengan pengembangan sistem agribisnis jagung di Kecamatan Gerung Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah petani jagung yang tergabung dalam kelompok tani. Lokasi penelitian ditetapkan secara purposive sampling. Responden pengurus kelompok tani ditentukan secara purposive sampling dan responden anggota kelompok tani ditentukan secara proportional random sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, skala likert, dan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran penyuluh pertanian lapangan dalam agribisnis jagung di Kecamatan Gerung Lombok Barat termasuk dalam kategori ‘Sedang’ atau cukup berperan; 2) pengembangan sistem agribisnis jagung di Kecamatan Gerung Lombok Barat termasuk dalam kategori ‘Rendah’ atau kurang baik; 3) terdapat hubungan antara peran penyuluh pertanian dalam agribisnis jagung dengan pengembangan sistem agribisnis jagung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Peran Penyuluh Pertanian Lapangan, Sistem Agribisnis Jagung
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2022 01:54
Last Modified: 29 Jul 2022 01:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30140

Actions (login required)

View Item View Item