PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM DAN MTs DARUSSALAM BERMI KABUPATEN LOMBOK BARAT

ERNA, AJIZAH (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM DAN MTs DARUSSALAM BERMI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis_Erna Ajizah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ERNA AJIZAH Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan ajar IPA Berbasis Model Problem Based Learning yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik. Pengembangan bahan ajar IPA berbasis model PBL menggunakan metode pengembangan Dick & Carey. Subjek uji coba pada penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Islam dan MTs Darussalam Bermi Kabupaten Lombok Barat. Hasil uji validitas bahan ajar IPA berbasis PBL yang dilakukan oleh tiga dosen ahli Magister Pendidikan IPA dan diperoleh nilai rata-rata bahan ajar pada aspek isi, Bahasa, dan kegrafikan sebesar 77.5% dengan kategori layak, sementara pada silabus diperoleh rata-rata 82.9% , RPP 70.3%, tes KtBK 80%, LKPD 61.3% dengan kategori layak, sementara pada tes sikap ilmiah memiliki skor 83.3% yang termasuk kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan meliputi keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 83.8% dengan kategori terlaksana dengan baik, sementara berdasarkan angket respon pendidik dengan nilai rata-rata 82.8% dan angket respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata 89.8% berkategori sangat menarik atau setuju untuk diterapkan disekolah. Hasil uji keefektifan pembelajaran menujukkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelompok A dengan N-gain 73.1% dan kelompok B dengan N-gain 72.4% yang menujukkan peningkatan dengan kriteria tinggi. Peningkatan sikap ilmiah peserta didik kelompok A dengan N-gain 53.2% dan kelompok B dengan N-gain 52.9% yang menujukkan peningkatan dengan kriteria sedang. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA dan perangkat pembelajaran berbasis PBL valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Bahan Ajar IPA, Model PBL, Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Ilmiah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2022 01:56
Last Modified: 29 Jul 2022 01:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30155

Actions (login required)

View Item View Item