METAANALISIS KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS

Riza, Zohaeriah (2022) METAANALISIS KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIZA ZOHAERIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang keefektifan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks berdasarkan aspek kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode pengamatan atau observasi, baik secara langsung maupun secara online atau offline. Metode analisis data yang digunakan adalah metode metaanalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penyajian hasil analisis data yakni secara formal dan informal. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel yang didasarkan pada pertimbangan mengenai sampel mana yang paling sesuai. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa enam jurnal berdasarkan aspek kuantitatif memiliki nilai rata-rata keseluruhan gain adalah 0.30 atau 30%, dengan total rata-rata peningkatan adalah 0.28 atau 28%. Keefektifan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks dari aspek kuantitatif menunjukkan penerapannya efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks dan berada pada kategori sedang. Perbandingan keefektifan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks dari aspek kualitatif didapatkan dua (2) skripsi yang memiliki nilai rata-rata keseluruhan gain 0.65 atau 65.41%, dengan total rata-rata peningkatan adalah 0.40 atau 40%. Keefektifan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks dari aspek kualitatif menunjukkan penerapannya efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks dan berada pada kategori sedang. Adapun jika dilihat berdasarkan perbandingannya, analisis keefektifan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks dari aspek kualitatif yang dinilai berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaannya menunjukkan bahwa tiga data yang diambil dari skripsi pertama memenuhi syarat struktur teks eksposisi, satu data dengan struktur berpikir lengkap dan dua data dengan struktur berpikir tidak lengkap. Sedangkan lima data yang diambil dari skripsi kedua tidak memenuhi syarat sebagai struktur teks eksposisi, struktur teks lebih merujuk pada struktur teks prosedur. Adapun jika dinilai dari aspek kaidah kebahasaannya, tiga data dari skripsi pertama memiliki kaidah kebahasaan teks eksposisi meskipun kurang lengkap, sedangkan lima data dari skripsi kedua tidak memiliki aspek kaidah kebahasaan teks eksposisi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: keefektifan media audio visual, metaanalisis keefektifan media audio visual, pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:50
Last Modified: 29 Jul 2022 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30168

Actions (login required)

View Item View Item