ANALISIS MAKNA, FUNGSI DAN NILAI PENDIDIKAN SESENGGAK DALAM BUKU BAHAN AJAR MUATAN LOKAL GUMI SASAK SEKOLAH DASAR

ULFI, JASYANTARI (2022) ANALISIS MAKNA, FUNGSI DAN NILAI PENDIDIKAN SESENGGAK DALAM BUKU BAHAN AJAR MUATAN LOKAL GUMI SASAK SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ULFI J.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini berjudul Analisis Makna, Fungsi dan Nilai Pendidikan Sesenggak dalam Buku Bahan Ajar Muatan Lokal Gumi Sasak Sekolah Dasar. Teori yang digunakan untuk menjawab permasalah dalam penelitian ini adalah teori pemaknaan Roland Barthes, teori fungsi folklor Bascon, dan teori nilai pendidikan APEID. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data metode dokumentasi dan metode wawancara. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, didapatkan 30 sesenggak di dalam buku bahan ajar muatan lokal gumi sasak. Makna yang terkandung di dalam sesenggak Sasak yang telah diteliti, digunakan oleh masyarakat Sasak untuk menyampaikan pesan, mengutarakan pikiran, dan perasaan secara tidak langsung karena dianggap lebih mudah diterima dan lebih mengenai sasaran. Makna Sesenggak ini muncul di dalam masyarakat Sasak sebagai suatu respon dari tingkah laku masyarakat yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu banyak sekali sesenggak Sasak yang ditemukan di dalam buku tersebut berisikan tentang nasihat, kritikan, celaan, perbandingan, hinaan, dan prinsip hidup. Fungsi yang terkandung di dalam sesenggak Sasak yang telah diteliti, digunakan oleh masyarakat Sasak sebagai 1) sistem proyeksi yakni sebagai angan-angan, impian, pemuas dan pemenuhan impian masyarakat dalam bentuk mempererat ikatan sosial yang berbentuk nasihat, nilai kultur, dan lainnya, 2) alat pendidikan yang digunakan untuk mendidik, mengajak, mengajari, membina, memperbaiki akhlak, moral pada anak, dan 3) alat pemaksa dan pengawas yang muncul dalam bentuk teguran, sindiran, kritikan, tanggapan, penilain dan sanggahan terhadap perilaku yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat. Nilai pendidikan yang terkandung di dalam sesenggak Sasak yang telah diteliti mengandung petunjuk-petunjuk berupa ajaran yang akan mendidik masyarakat dalam berperilaku dan bersikap. Nilai pendidikan yang ditemukan di dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu 1) nilai pendidikan moral yang mendidik masyarakat agar senantiasa berperilaku sopa, berakhlak mulia yang tinggi, patuh terhadap orang yang tua dan selalu menghargai orang lain, 2) nilai pendidikan yang mengajarkan kepada kita bagiaman harus bersikap, meenghadapi dan menyelesaikan suatu masalah dalam masyarakat, dan 3) nilai pendidikan budaya yang berupa sikap kemandirian, bekerja keras, demokratis, disiplin, ketekunan, dan lainya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : makna Roland Barthes, fungsi, nilai pendidikan, sesenggak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:50
Last Modified: 29 Jul 2022 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30169

Actions (login required)

View Item View Item