ASPEK PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT “CUPAK GERANTANG” VERSI DESA RAMBITAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SLTA

NAYAN, NAYAN (2017) ASPEK PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT “CUPAK GERANTANG” VERSI DESA RAMBITAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SLTA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
NAYAN E1C09081.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini berjudul “Aspek Pendidikan dalam Cerita rakyat “Cupak Gerantang” versi Desa Rambitan dan Hubungannya dengan Pembelajaran Sastra di SLTA” adalah mendiskripsikan fungsi aspek nilai kependidikan yang terkandung dalam cerita rakyat suku sasak Cupak Gerantang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, teknik pengumpulan data di pergunakan perekaman, mencermati dan menggunakan informan utama (beare). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerita rakyat suku sasak sangat efektif untuk menyampaikan nilai nilai kependidikan antara lain cerita tersebut berfungsi mengembangkan informasi, mengembangkan kecerdasan, mengembangkan perasaan, mengembangkan mental, mengambangkan rasa tanggung jawab dan mengembangkan keimanan khususnya di siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aspek pendidikan, cerita rakyat, pembelajaran sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Apr 2018 01:44
Last Modified: 24 Apr 2018 01:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3017

Actions (login required)

View Item View Item