PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI HORMON TIROKSIN (T4) PADA PAKAN KOMERSIL TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN BAWAL BINTANG (Trachinotus Blochii, Lacapede)

Indarwati, Indarwati (2022) PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI HORMON TIROKSIN (T4) PADA PAKAN KOMERSIL TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN BAWAL BINTANG (Trachinotus Blochii, Lacapede). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
INDARWATI_C1K017047 ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan bawal bintang (Trachinotus blochii, Lacapede) merupakan salah satu komoditas baru yang diminati banyak masyarakat karena memiliki nilai pasar yang menjanjikan. Permasalahan yang sering terjadi pada usaha budidaya ikan bawal bintang yaitu kelangsungan hidupnya yang kurang baik, sehingga perlu dilakukan perlakuan-perlakuan eksternal untuk menunjang pertumbuhannya yaitu perlakuan pemberian perangsang/hormon. Salah satu hormon yang mempengaruhi pertumbuhan adalah hormon tiroksin (T4). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penambahan pakan komersil dengan berbagai konsentrasi hormon tiroksin (T4) terhadap pertumbuhan dan retensi pakan ikan bawal bintang. Penelitian dilaksanakan selama 50 hari di Balai Perikanan Budidaya Laut Lombok, Sekotong NTB. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang meliputi 4 taraf perlakuan dan 3 ulangan sehingga diperoleh total 12 unit percobaan. Perlakuan yang diujicobakan adalah penambahan hormon tiroksin (T4) dengan dosis yang berbeda dalam pakan, yang terdiri atas: P1 : Kontrol (Tanpa hormon tiroksin), P2 : hormon tiroksin 1 mg/kg pakan, P3 : hormon tiroksin 1.5 mg/kg pakan, P4 : hormon tiroksin 2 mg/kg pakan. Parameter yang diukur adalah berat mutlak, panjang mutlak, laju pertumbuhan spesifik (SGR), efisiensi pakan (EP), feed conversion ratio (FCR), kelangsungan hidup (SR), uji retensi dan kualitas air. Data dianalisis menggunakan varian (ANNOVA) dengan SPSS pada taraf signifikan 5% untuk mengetahui pengaruh perlakuan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan penambahan hormon tiroksin pada pakan memberikan rata-rata berat mutlak ikan bawal bintang yang berkisar antara 6 g – 7.69 g, panjang mutlak berkisar antara 2.79 cm - 3.50 cm, laju pertumbuhan spesifik (SGR) berkisar antara 1.98%/hari - 2.28%/hari, efisiensi pemanfaatan pakan berkisar antara 42.78% - 50.85%, rasio konversi pakan (FCR) berkisar antara 2.34 – 1.97, kelangsungan hidup berkisar antara 93.33% - 96.67%, retensi protein berkisar antara 15.94% - 25.98% dan retensi lemak berkisar antara 9.17% -38,70%. Penambahan konsentrasi hormon tirokson (T4) pada pakan komersil dapat mempengaruhi pertumbuhan, retensi protein dan lemak pada ikan bawal bintang namun tidak mempengaruhi nilai efisiensi pemanfaatan pakan (EPP), konversi pakan (FCR) dan kelangsungan hidup (SR). Penambahan konsentrasi hormon tiroksin (T4) 2 mg/kg pada pakan komersil merupakan perlakuan terbaik pada budidaya ikan bawal bintang, karena dapat memberikan berat mutlak sebesar 7.69 g, panjang mutlak sebesar 3.50 cm, laju pertumbuhan spesifik sebesar 2.28%/hari, dan retensi protein sebesar 25.98%, namun nilai retensi lemak nya masih rendah yaitu 9,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: pakan, hormon tiroksin, ikan bawal bintang
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:50
Last Modified: 29 Jul 2022 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30172

Actions (login required)

View Item View Item