PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI SMPN 11 MATARAM SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nur, Idamayanti (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI SMPN 11 MATARAM SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NUR IDAMAYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring dan mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika selama pandemi covid-19 di SMPN 11 Mataram. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Seluruh siswa dan guru matapelajaran matematika di SMPN 11 Mataram merupakan populasi, dimana jumlah sampel 3 guru matapelajaran matematika dan 76 siswa yang dipilih dengan aturan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring sedangkan wawancara untung menggali informasi lebih mendalam tentang strategi guru dalam pembelajaran matematika secara daring. Diperoleh hasil bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring secara umum di SMPN 11 Mataram berada pada kategori cukup baik. Pembelajaran matematika yang dilaksanakan secara daring yaitu di rumah masing-masing, siswa menggunakan whatsapp, google meet dan google formulir; (2) Penilaian proses dan hasil belajar, evaluasi serta pengawasan proses pembelajaran berada pada kategori cukup baik dimana guru memberikan penialaian tes tertulis dan mengoreksi serta mengembalikan tugas siswa. Pengawasan proses pembelajaran daring dilakukan oleh guru dengan mengontrol siswa dari awal pelajaran hingga berakhirnya pelajaran sementara orangtua memberikan pengawasan di rumah dengan mengingatkan anak-anaknya untuk menyelesaikan tugas dari sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : pembelajaran daring, strategi guru, pembelajaran matematika, covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Aug 2022 06:03
Last Modified: 01 Aug 2022 06:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30173

Actions (login required)

View Item View Item