PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI PENDEKATAN STEM BERORIENTASI PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

IRMAYANI, IRMAYANI (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI PENDEKATAN STEM BERORIENTASI PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS IRMAYANI I2E020014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Abstrak: Kemampuan argumentasi ilmiah (KAI) dan kemampuan pemecahan masalah (KPM) peserta didik merupakan bagian dari kemampuan 4C yang menjadi karakter keterampilan abad 21, penting untuk dilatih dan ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul terintegrasi pendekatan STEM berorientasi PBL yang valid, praktis, dan efektif dalam memenuhi kebutuhan peserta didik untuk meningkatkan KAI dan KPM. Jenis penelitian ini termasuk dalam Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan. Uji validasi melibatkan 3 validator ahli. Uji kepraktisan melibatkan satu kelas yang terdiri atas 36 peserta didik dan seorang pendidik. Uji keefektifan melibatkan 3 kelas yang terdiri atas 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 105 orang. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan rumus persentase, uji N�Gain, dan SPSS Versi 22. Rata-rata persentase hasil validasi produk yang berupa silabus, RPP, e-modul dan instrumen penilaian berada pada rentang 87,50% hingga 94,62% dengan kriteria valid. Rata-rata persentase hasil uji kepraktisan adalah 94,75% dengan kriteria sangat praktis. Rata-rata hasil uji N-Gain kelas eksperimen adalah 71,74% pada KAI dan 70,5% pada KPM dengan kriteria cukup efektif. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh hasil 53,96% pada KAI dan 25,23% dengan kriteria tidak efektif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan KAI dan KPM.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: e-modul, STEM, PBL, KAI, KPM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Aug 2022 06:03
Last Modified: 01 Aug 2022 06:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30176

Actions (login required)

View Item View Item