ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN PENDAPATAN AGROINDUSTRI PERMEN SUSU DI DESA PENYARING KECAMATAN MOYO UTARA

Rizta, Rininda (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN PENDAPATAN AGROINDUSTRI PERMEN SUSU DI DESA PENYARING KECAMATAN MOYO UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (C1G017182) Rizta Rininda .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk menganalisis strategi pemasaran pada usaha agroindustri permen susu di Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara (2) Untuk menganalisis biaya dan pendapatan pada usaha agroindustri permen susu di Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara (3) Untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi pada agroindustri permen susu di Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis yang digunakan adalah usaha agroindustri permen susu di Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara. Daerah penelitian ditentukan secara purposive sampling dengan penentuan jumlah responden dengan metode sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata biaya produksi yang dikeluarkan oleh pengusaha permen susu sebesar Rp.321.812 per proses produksi dan sebesar Rp.3.281.321 per bulan. Rata-rata pendapatan usaha agroindustri permen susu sebesar Rp.221.188 per proses produksi dan sebesar Rp.2.526.679 per bulan. (2) Strategi pemasaran untuk agroindustri permen susu sebagai berikut : (a) Produk, tidak memiliki bentuk yang bervariasi dan kemasan dengan desain dari masing-masing produsen dengan ukuran yang berbeda. (b) Harga, harga produk permen susu berkisar Rp.110.000 hingga Rp.130.000 per kilogram. Harga yang diberikan ke pengecer dan konsumen akhir berbeda. (c) Tempat, tempat proses pembuatan produk permen susu yaitu di rumah produsen dan untuk tempat pemasaran yaitu menitipkan di toko/supermarket yang terdapat di Sumbawa. (d) Promosi, promosi yang dilakukan oleh pengusaha permen susu yaitu melalui media online dan offline. (e) Orang/SDM, pengusaha permen susu rata-rata menggunakan tenaga kerja luar keluarga (TKLK) dengan upah berkisar sebesar Rp. 2.500 hingga Rp.5.000 per kilogram pada kegiatan pengemasan. (f) Proses, proses pembuatan permen susu dilakukan dirumah pada ruangan tertentu yaitu dapur. Proses produksi permen susu membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk kegiatan pengadukan (g) Bukti fisik, tata letak belum dapat dikatakan strategis karena berada di pedesaan. Akses jalan utama menuju desa Penyaring cukup parah. Beberapa pengusaha tidak mencantumkan tanda seperti palang (3) Hambatan yang dihadapi pengusaha agroindustri permen susu meliputi : (a) ketersediaan dan harga bahan baku, (b) pemasaran hasil produksi masih terbatas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Pemasaran, Pendapatan, Permen Susu
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Aug 2022 06:04
Last Modified: 01 Aug 2022 06:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30177

Actions (login required)

View Item View Item