PENGARUH PADAT TEBAR YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP SPAT KERANG MUTIARA (Pinctada maxima) PADA KAWASAN IMTA DI TELUK EKAS

Ade, Irawan (2022) PENGARUH PADAT TEBAR YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP SPAT KERANG MUTIARA (Pinctada maxima) PADA KAWASAN IMTA DI TELUK EKAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPS_C1K018001I ADE IRAWAN...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh padat tebar yang berebeda terhadap pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup (SR) spat kerang mutiara (Pinctada maxima). Penelitian ini dilaksanakan di Perairan Teluk Ekas, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan ialah Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiridari 4 perlakuan Dan 4 ulangan, yakni perlakuan A (10 spat/poket), B (50 spat/poket), C (75 spat/poket), D (100 spat/poket). Hasil penelitian selama 45 hari mununjukkan bahwa pertumbuhan pada semua perlakuan berbeda nyata dengan pertumbuhan terbaik pada perlakuan kepadatan 10 spat/poket dengan nilai laju pertumbuhan panjang spesifik sebesar 1,98% per hari dan pertambahan panjang mutlak sebesar 0.89 cm. Sedangkan hasil terendah ditunjukkan pada perlakuan kepadatan 100 spat/poket dengan nilai laju pertumbuhan panjang spesifik sebesar 0.49% per hari dan pertambahan panjang mutlak sebesar 0.22 cm. Hasil uji ANOVA didapatkan hasil pesentase yang berbeda nyata yakni kelangsungan hidup tertinggi terdapat pada perlakuan padat tebar (10 spat/poket) dengan nilai SR 63%, kelangsungan hidup terendah terdapat pada perlakuan padat tebar (100 spat/poket) dengan nilai SR 37%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa padat tebar yang berbeda berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup (SR) terhadap spat kerang mutiara (Pinctada maxima) yang dipelihara selama 45 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Budidaya, kerang mutiara, Pinctada maxima, padat tebar, pertumbuhan, spat.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Aug 2022 06:04
Last Modified: 01 Aug 2022 06:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30178

Actions (login required)

View Item View Item