APLIKASI AUGMENTED REALITY BAHASA ISYARAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BAHASA ISYARAT SIBI DENGAN METODE BASED MARKER MULTI TARGET BERBASIS ANDROID

Made Bayu Krisna Yudha, I (2022) APLIKASI AUGMENTED REALITY BAHASA ISYARAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BAHASA ISYARAT SIBI DENGAN METODE BASED MARKER MULTI TARGET BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir F1D015033 I Made Bayu Krisna Yudha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Bahasa Isyarat merupakan satu-satunya alat komunikasi yang dapat digunakan oleh siswa tunarungu, selain hanya menggunakan bahasa tubuh. Bahasa merupakan alat komunikasi dua arah, pengirim dan penerima harus dapat menguasai bahasa yang digunakan. Oleh sebab itu, banyak siswa tunarungu telah dapat saling berkomunikasi dengan baik, namun masih kesulitan jika melakukan komunikasi dengan orang dengar. Kedua belah pihak harus mendapatkan pengetahuan yang sama tentang bahasa yang digunakan, dalam kasus ini yaitu Sistem Bahasa Isyarat Indonesia (SIBI). SIBI masih sangat sulit dikuasai oleh banyak siswa tunarungu, meskipun SIBI sudah diterapkan pada SLB seluruh Indonesia. Bentuk kesulitan itu adalah gambar yang sulit dipahami dan struktur dari SIBI yang cenderung lebih rumit. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang dinamis, fleksibel dan menyenangkan untuk menarik kedua belah pihak dalam mempelajari SIBI dengan memanfaatkan teknologi informasi. Augmented Reality (AR) adalah salah satu teknologi yang tepat untuk mewujudkan media pembelajaran tersebut. Dengan teknologi AR, belajar kode SIBI tidak lagi kaku dan hanya gambar, namun dengan menggunakan objek 3D, sehingga didapatkan fitur layaknya instruktur virtual. Oleh karena itu, muncul ide untuk membuat Aplikasi Augmented Reality Bahasa Isyarat sebagai Media Pembelajaran Mengenal Bahasa Isyarat SIBI dengan Metode Based Marker Multi Target berbasis Android. Aplikasi media pembelajaran ini diuji dengan metode blackbox dan UAT. Pengujian blackbox menyatakan bahwa semua fungsi telah berjalan dengan baik, selain itu didapatkan bahwa uji deteksi image target di ruangan terbuka pada waktu pagi hari, siang hari, sore hari dan di ruangan tertutup dengan cahaya lampu dapat dilakukan secara optimal pada jarak minimum 10 cm hingga maksimum 80 cm. Serta, pendeteksian juga secara optimal dapat dilakukan jika image target tidak terhalang sesuatu atau hanya ¼ bagiannya terhalang. pengujian dengan metode UAT menunjukkan bahwa aplikasi telah sesuai dengan aspek aplikasi sebagai media pembelajaran, dimana sebesar 88% setuju bahwa aplikasi telah memenuhi aspek system, 87% pengguna setuju bahwa aplikasi telah memenuhi aspek user dan 88% pengguna setuju bahwa aplikasi telah memnuhi aspek interaction.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Bahasa Isyarat, SIBI, Media Pembelajaran, Augmented Reality, AR
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Aug 2022 06:04
Last Modified: 01 Aug 2022 06:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30179

Actions (login required)

View Item View Item