RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMETAAN FLORA DAN FAUNA TAMAN HUTAN RAYA NURAKSA DENGAN MODEL ARSITEKTUR MICROSERVICES

Yusril Raihan, M. (2022) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMETAAN FLORA DAN FAUNA TAMAN HUTAN RAYA NURAKSA DENGAN MODEL ARSITEKTUR MICROSERVICES. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan - M. Yusril Raihan (F1D017046).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Negara kita merupakan salah satu negara beriklim tropis. Dikarenakan hal tersebut, hutan sudah menjadi kawasan wajib. Taman Hutan Raya (Tahura) Nuraksa memiliki banyak flora dan fauna di dalamnya, sehingga berpotensi dijadikan pusat pendidikan dan penelitian satwa dan vegetasi. Saat ini Tahura Nuraksa belum memiliki sistem pemetaannya flora dan faunanya. Sehingga pemanfaatan flora dan fauna sebagai pusat pendidikan dan penelitian masih belum maksimal. Dalam RPJP Tahura Nuraksa untuk tahun 2019-2029 mengenai rencana untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan Tahura Nuraksa. Salah satu rencananya adalah percepatan penyelesaian perpetaan Tahura Nuraksa, dengan indikator keberhasilannya Pemetaan dan pembuatan peta pendukung pengelolaan kawasan dapat terselesaikan. Solusinya membangun Sistem Informasi Geografis untuk pemetaan terhadap flora dan fauna untuk Tahura Nuraksa berbasis arsitektur microservices. Pembangunan sistem ini mengadaptasi metode Extreme Programming. Sistem dibangun dengan menggunakan framework React JS untuk website dan React Native untuk mobile, dan basis data MongoDB. dengan metode pengujian service menggunakan tools Postman, pengujian fitur website menggunakan tools Selenium, dan pengujian aplikasi mobile dengan metode black box. equivalence partition dan metode Mean Opinion Score (MOS) untuk mengukur kinerja maupun kualitas dari sistem yang telah dibuat berdasarkan sudut pandang dari Petugas / Admin dan sudut pandang dari wisatawan. Berdasarkan pandangan dari Petugas / Admin didapatkan hasil 71% Sangat Setuju, dan 29% Setuju. Berdasarkan sudut pandang dari Wisatawan, didapatkan hasil 47,9% Sangat Setuju, 43% Setuju, dan 3,8% Netral. Hasil dari implementasi microservice untuk sistem ini cocok digunakan sesuai dengan aspek scalable, adaptable, deployable, dan maintainable.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci -- Sistem Informasi Geografis, Extreme Programing, React Js, React Native, Microservices, Postman, Black Box
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Aug 2022 06:04
Last Modified: 01 Aug 2022 06:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30182

Actions (login required)

View Item View Item