Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII/A di SMP Negeri 1 Sekongkang

RENDY, MILANTO (2022) Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII/A di SMP Negeri 1 Sekongkang. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RENDY_FIX_ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Teks deskripsi merupakan salah satu teks yang harus dikuasai oleh siswa. Teks deskripsi ini sudah diperkenalkan sejak SD kelas IV, karena di kelas IV siswa mulai dapat menggambarkan sesuatu secara rinci, tetapi pada kenyataanya masih banyak siswa yang masih perlu ditingkatkan dalam menulis teks deskripsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi dilihat dari segi struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan teks pada siswa kelas VII/A di SMP Negeri 1 Sekongkang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan kemampuan menulis teks deskripsi dilihat dari segi struktur teks pada siswa kelas VII/A di SMP Negeri 1 Sekongkang diperoleh nilai rata-rata 79,32. Nilai rata-rata tersebut masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu 75. Hasil tes tersebut menunjukkan hasil yang kurang optimal. Nilai tertinggi mencapai 91,67 dan nilai terendah adalah 66,67. Sedangkan nilai rata-rata tiap aspek tertinggi diperoleh pada aspek simpulan sebesar 86 dan terendah pada aspek deskripsi bagian sebesar 74. Kemampuan menulis teks deskripsi pada penilaian ciri-ciri kebahasaan teks deskripsi siswa kelas VII/A di SMP Negeri 1 Sekongkang diperoleh dengan nilai rata-rata 73,28. Nilai rata-rata tersebut masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu 75. Hasil tes tersebut menunjukkan hasil yang kurang optimal. Nilai tertinggi mencapai 91,67 dan nilai terendah adalah 50. Sedangkannilai rata-rata tiap aspek tertinggi diperoleh pada aspek memungkinkan terjadinya imajinasi bagi pembacanya sebesar 75 dan terendah pada aspek menimbulkan kesan-kesan tertentu kepada pembacanya sebesar 71.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Dan Teks Deskripsi Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:38
Last Modified: 03 Aug 2022 05:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30197

Actions (login required)

View Item View Item