PENGUATAN SOLIDARITAS SOSIAL MELALUI TRADISI MBOLO WEKI PADA MASYARAKAT SUKU MBOJO (Studi di Desa Baka Jaya Kecematan Woja Kabupaten Dompu)

Reshtu, Widhi Agung (2022) PENGUATAN SOLIDARITAS SOSIAL MELALUI TRADISI MBOLO WEKI PADA MASYARAKAT SUKU MBOJO (Studi di Desa Baka Jaya Kecematan Woja Kabupaten Dompu). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (RESHTU_E1B016048).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Solidaritas sosial di antara masyarakat sangat penting khususnya dalam tradisi Mbolo Weki. Yang pada umumnya tradisi ini merupakan tradisi yang dapat membangun kembali tali persaudaraan diantara masyarakat, juga menguatkan rasa solidaritas sosial antar sesama sehingga masyarakat dapat saling tolong menolong dan hidup rukun. Penelitian ini membahas mengenai proses pelaksanaan tradisi Mbolo Weki di Desa Baka Jaya Kec. Woja Kab. Dompu dan bagaimana tradisi Mbolo Weki dapat menguatkan solidaritas sosial masyarakat di Desa Baka Jaya Kec. Woja, Kabupaten Dompu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi yaitu pendekatan untuk menjelaskan tentang suatu kebudayaan dalam suatu individu/kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Baka Jaya, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 20 Oktober sampai 19 November 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, tekhnik observasi, dan tekhnik dokumentasi. Teknik analisis data yang diguanakan: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian pata, 4) verifikasi atau penyimpulan data. Teknik keabsahan yang digunakan adalah: 1) perpanjangan pengamatan, 2) meningkatkan ketekunan, 3) triangulasi, 4) Aanalisis kasus negatif, 5) menggunakan bahan referensi, 6) mengadakan membercheck. Hasil penelitian yang diperoleh: 1) proses pelaksanaan tradisi Mbolo Weki pada perkawinan di Desa Baka Jaya Kecamatan Woja Kabupaten Dompu terdapat tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap inti dan tahap akhir. 2) penguatan solidaritas sosial masyarakat di Desa Baka Jaya Kecamatan Woja Kabupaten Dompu dalam pelaksanaan tradisi Mbolo Weki yaitu dilihat dari: kesadaran masyarakat yang kuat, gotong royong, kerjasama dalam setiap tahapan proses pelaksanaan yang dikerjakan secara bersama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Penguatan Solidaritas Sosial, Tradisi Mbolo Weki, Suku Mbojo
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:38
Last Modified: 03 Aug 2022 05:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30199

Actions (login required)

View Item View Item