PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK TEMBAKAU (Nicotiana tobacum)SEBAGAI BAHAN ANASTESI TERHADAP KONDISI HEMATOLOGI IKAN MAS (Cyprinus carpio) DENGAN METODE TRANSPORTASI KERING

Rabiatun, Abi Adamiah (2022) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK TEMBAKAU (Nicotiana tobacum)SEBAGAI BAHAN ANASTESI TERHADAP KONDISI HEMATOLOGI IKAN MAS (Cyprinus carpio) DENGAN METODE TRANSPORTASI KERING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Rabiatun.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kebutuhan ikan mas (Cyprinus carpio) dari tahun ketahun terus meningkat dengan bertambahnya jumlah penduduk. Permintaan konsumen terhadap ikan konsumsi sudah mengalami pergeseran, dari ikan segar (beku) menjadi ikan hidup. Kendala yang sering dihadapi oleh pembudidaya adalah kematian sebelum ikan sampai di tempat tujuan, penyebab kematian ikan diakibatkan stres dan kerusakan fisik karena kesalahan penanganan.Untuk menghindari tingginya tingkat kematian ikan mas saat proses transportasi, pengusaha ikan mulai mengembangkan sistem transportasi kering, yaitu sistem pengangkutan ikan hidup dengan media pengangkutan yang bukan air. Pada transportasi ikan hidup tanpa media air, ikan dibuat dalam kondisi tenang atau pemingsangan. Anastesi dapat dilakukan dengan pemberian bahan bius dimana ikan menjadi tidak sadar pada saat proses transportasi berlangsung. Keuntungan dari pemingsangan ikan ini adalah memudahkan untuk melakukan proses pengangkutan tanpa media air,membuat ikan tidak banyak bergerak selama proses transportasi serta memperkecil resiko ikan terluka sehingga memungkinkan waktu transportasi yang lebih lama. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk anestesi yaitu tembakau (Nicotiana tabacum). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian anastesi ekstrak tembakau (N. tobacum) terhadap kondisi hematologiikan mas (C. carpio)dengan metode transportasi kering. Perlakuan yang diuji cobakan yaitu perendaman ekstrak tembakau sebagai bahan anestesi ikan sebelum transportasi dengan konsentrasi yang berbeda yaitu, pada perlakuan 1 (P1) tanpa perendaman ekstrak tembakau, perlakuan 2 (P2) perendaman ekstrak tembakau 1 ml, perlakuan 3 (P3) perendaman ekstrak tembakau 2 ml, perlakuan (P4), perendaman ekstrak 3 ml. Hasil dari penelitian inibahwa penggunaan ekstrak daun tembakau sebagai bahan anastesi pada sistem transportasi kering menyebabkan kadar hematologi mengalami peningkatan dan penurunan namun masih dalam kadar yang normal, dosis ekstrak tembakau yang terbaik yaitu 1ml/L dengan kecepatan pemingsangan 917 menit, waktu pulih sadar 239 menit serta memiliki nilai SR sebesar 76 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ikan Mas, Ekstrak Daun Tembakau,Metode Kering,Hematologi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:39
Last Modified: 03 Aug 2022 05:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30202

Actions (login required)

View Item View Item