ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH PISANG DI KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA NURAKSA KABUPATEN LOMBOK BARAT

Noviani, Adhiningsih (2022) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH PISANG DI KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA NURAKSA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DRAFT SKRIPSI NOVIANI ADHININGSIH C1G018127.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Subsektor pertanian yang memiliki peranan penting dalam menunjang perekonomian nasional sekaligus meningkatkan pendapatan, gizi, dan kesejahteraan masyarakat adalah subsektor hortikultura. Buah Pisang adalah buah unggul nasional yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu penghasil buah pisang di NTB. Sentra produksi buah pisang di Kabupaten Lombok Barat berada di Kecamatan Narmada, tepatnya berada di kawasan konservasi Taman Hutan Raya Nuraksa. Pada tahun 2020 jumlah produksi buah pisang pada blok pemanfaatan mencapai 21.500 tandan sedangkan pada blok tradisional mencapai 700.000 tandan Proses pendistribusian buah pisang dari petani sebagai produsen biasanya tidak langsung kepada konsumen akhir melainkan kepada para pedagang pengepul yang berada di sekitar desa. Proses pemasaran seperti ini tentu memerlukan biaya yang lebih karena melibatkan lembaga pemasaran, mulai dari petani, pedagang pengumpul baik desa/kecamatan/kabupaten, pedagang besar, pedagang pengecer hingga sampai ke konsumen. Selain itu, petani dan lemaga pemasaran buah pisang memperoleh perbedaan keuntungan. Terlibatnya beberapa lembaga pemasaran mengakibatkan perbedaan harga buah pisang di tingkat petani dengan konsumen akhir. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis saluran pemasaran buah pisang di Kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa, Kabupaten Lombok Barat; (2) Menganalisis efisiensi pemasaran buah pisang di Kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa Kabupaten Lombok Barat; (3) Mengetahui kendala yang dihadapi petani dan lembaga pemasaran dalam pemasaran buah pisang di kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa, Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Unit analisis dalam penelitian ini adalah produsen dan lembaga pemasaran buah pisang di kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat dan sekitarnya. Kawasan Tahura Nuraksa Kabupaten Lombok Barat terdiri dari empat desa, yaitu Desa Sesaot, Desa Buwun Sejati, Desa Lebah Sempaga dan Desa Pakuan. Penentuan jumlah petani responden ditetapkan secara “Quota sampling” yaitu sebanyak 45 orang. Sementara itu, penentuan responden lembaga pemasaran dilakukan dengan Teknik snowball sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat 4 (empat) saluran pemasaran buah pisang di Kawasan Tamana Hutan Raya Nuraksa Kabupaten Lombok Barat, yaitu: (I) Petani Konsumen Akhir; (II) Petani Pedagang Antar Pulau; (III) Petani Pedagang Pengumpul Desa Pedagang Pengumpul Kecamatan Pengecer; (IV) Petani Pedagang Pengumpul Desa Pedagang Pengumpul Kecamatan Pedagang Antar Pulau; (2) Saluran pemasaran Pisang Mas Bali yang paling efisien terdapat pada saluran II. Saluran pemasaran Pisang Sulawesi yang paling efisien terdapat pada saluran IV. Saluran Pemasaran Pisang Hijau yang paling efisien terdapat pada saluran IV; (3) Kendala utama yang dihadapi petani adalah harga jual yang berfluktuatif dialami oleh 30 petani (67%). Kendala berikutnya adalah buah pisang yang mudah rusak yang dialami oleh 15 petani (33%). Sedangkan kendala yang dihadapi lembaga pemasaran adalah harga jual yang berfluktuatif dan buah pisang yang mudah rusak dialami oleh 10 orang (100%). Saran (1) Petani diharapkan membentuk asosiasi petani pisang guna memperkuat posisi tawar dalam menghadapi situasi pasar yang tidak menentu. (2) Petani diharapkan mengolah buah pisang sebelum dijual ke konsumen akhir agar diperoleh keuntungan yang maksimal. (3) Diharapkan kepada lembaga pemasaran untuk menerapkan manajemen rantai pemasaran untuk menurunkan biaya pemasaran yang ditanggung para lembaga pemasaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Buah Pisang, Efisiensi Pemasaran, Saluran Pemasaran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:39
Last Modified: 03 Aug 2022 05:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30210

Actions (login required)

View Item View Item